BERBAGI CERITA SEDIKIT TENTANG PERPUSTAKAAN NASIONAL (MEDAN MERDEKA SELATAN)


PERPUSTAKAAN NASIONAL INDONESIA


Gue di sini mau sharing beberapa pengalaman yg gue dapetin pas berkunjung ke perpustakaan nasional Indonesia. Oke cekidot langsung aja kita bahas, Eittssss intro dulu yaaa😃😃, baiklah gue cerita dikit dolo, gue itu orangnya agak jenuhan dan sekalinya butuh refreshing biasa yg gw lakuin yah pergi ke luar ruangan, ntah ke taman, hunting photo, cari makanan kaki lima ato yg lain (maklum anak kosan.... Heheheh😊). Udah lama mau cerita ttg perpustakaan nasional ini tp baru kali ini gue kesampean juga maklum nagh sibuk (Njaay sok sibuk amatss, biasanya nge-bangke dikosan...😂😂😂). Gue iseng2 nulis tentang perpus ini soalnya gue udah bosen nunggu pengumuman OJT (hadewww sambat lagi ttg OJT....😐) ya daripada otak ini ga kepake ya lebih baik nulis di blog tercinta gue ini heheh... 😅. Oke gausah banyak cingcong langsung ke topiknya....
Perpustakaan nasional ini memang terkenal dengan banyak koleksi buku terlengkap se-Indonesia, dan menyediakan banyak fasilitas di dalamnya. Eitsss hampir lupa, kalo lu mau lebih leluasa menikmati semua fasilitas yg ada mending kalian buat kartu anggotanya dulu , gampang kok tinggal datang ke perupustakaan dan naik ke lantai 2 bagian administration. Sebelum daftar jadi anggota lu ngisi beberapa informasi di komputer yg telah disediakan kemudian ambil nomor antrian. Gue saranin lu dateng kesini di hari biasa, kalo libur CAPEEE ngantrinya ato gak bareng temen biar bisa shift2 an jaga antrian hehehe😀, eits sembari nunggu antrian mending lu explore beberapa lantai yang ada di perpustakaan ini. Satu lagi, di sini WIFI nya kenceng cuyy, lu bakalan lupa waktu dah kalo berkunjung ditempat ini, tau2 udah mau tutup aja nih perpustakaan ( Gue bangettss...😂😂😂)

Berikut ini saran gue,  lantai2 mana aja yg WAJIB kalian datengin kalo pergi ke perpustakaan nasional:

1. Ruang Pameran Depan 
Di ruang pameran depan ini lu bakalan nemuin sejarah tetntang perkembangan aksara dan bahasa yg ada di Indonesia. Tak hanya itu saja di ruang pameran depan ini juga ada display pameran dan diorama tentang sejarah perpustakaan. meskipun kecill cukup instagrammable kalo buat foto2 sekedar menghias feeds instagram kelen ( Hadeww millenials banget cuyy....😅)

2. Lantai 21

Di lantai 21 ini menyediakan banyak sekali koleksi buku bacaaan, referensi buat nyusun skripsi, ato media belajar lainnya. Kalo gue berkunjung ke perpustakaan nasional gue pasti dateng ke lantai ini. Gue sering baca novel dan buku2 menarik lainnya di lantai ini. Di lantai inilah gue berhasil nyusun KTTA gue heheheh....😇. Semoga aja gue juga bisa lanjut D4 ato gak S1, S2 pendidikan selanjutnya (Kepinginya sih diluar negeri, ngarep.com hahahaha 😂gapapa kan semuanya berawal dari mimpi...)  serta menjadikan perpustakaan nasional menjadi bagian dari penyusunan karya tulis gue selanjutnya.

Bagian yang paling gue suka dari lantai 21 ini ya bagian bahasa dan novel2 soalnya gue obsessed banget dgn bahasa, dan yang berkaitan dengan sastra hahaha. Tak hanya itu saja lu bakalan nemuin mahasisiwa2 dari berbagai universitas, mereka berkunjung hanya demi nyelesain tugas akhir mereka. sungguh pengorbanan yg sangat keras yaa buat lulus. Mereka kadang2 juga berdiskusi dan saling tukar pendapat sehingga bikin gaduh juga sih walaupun mereka nglakuin nya di ruang diskusi (mungkin anak2 Alay kali wkwkwk bukan mahasiswa)....

3. Lantai 19

Lantai ini jadi tempat favorit gue soalnya nyediain komputer buat lu akses, udah nyaman & internetnya pun kenceng juga, tapi syaratnya lu udah terdaftar jadi anggota perpustakaan, kalo ga ya alamat dah lu ga bisa akses nih fasilitas super duper sangat nyaman. BTW gue selama nunggu OJT tiap hari datang ke lantai ini, pura2 udah kerja hahahaha lol 😂. Padahal ya cuma refreshing plus nulis blog yg kagak jelas ini hehehe 😂. Gara2 gue sering dateng ke lantai 19 ( multimedia) ini sampe2 penjaganya hafal betul wajah gue wkwkwk...😂😂

4. Lantai 8
Di lantai ini hanya nyedianin audio sama film dokumnetary serta film lama (belum update) gambarnya ya mirip kek lantai 19 tapi komputernya ga bisa digunain untuk internetan, tapi lumayan cukup nyeningin sebentar. Gue biasanya pergi kesini kalo lantai 21 udah crowded dipenuhi para cendekiawan (Hasyeeekk...😂😂) pada nyusun skripsi, tesis, ato tugas lainnya. Soalnya colokan buat Laptop ato HP udah kepake semua dan kadang ada yg tidak berfungsi, kalo gitu mending pergi ke beberapa lantai di bawah lantai 21 ya salah satunya lantai 8 ini...

5. Lantai 15
Di lantai 15 ini juga menyediakn referensi buku yang digunakan penyusunan Tugas akhir dan lain sebagianya tapi kebanyakan ensiklopedia dan ilmu perpustakaan yang mendominasi di bagian lantai ini.
6. Lantai 24
Kalo di lantai 24 ini mah isinya cuma lounge dan hanya bisa digunakan kalo ada acara2 penting. Pernah gue nyampe di lantai ini cuma numpang foto hahaha...😀😀😀. Terus malah diusir satpam ditanya ada kepentingan apa ya mas nyampe ke lantai 24 ini, terus gue jawab ya cuma lihat2 doank pak heheh pinter ye ngeles nya.. Gapapa daripada gapunya foto buat feeds hehehe ( milenials bangett lagi cuyy...😀).
Sbenarnya banyak lagi lantai2 yang ada di perpustakaan nasional ini tapi gue cuma milih beberpa lantai yang menurut gue WAJIB dikunjungi kalo lu ke Perpustkaan nasional ini. Soalnya seluruh lantai udah menarik dan nyaman semuanya serta lengkap dengan fasilitas di dalamnya...

Udeh sekian uneg2 gue tentang perpustakaan pusat ini, eits kapan2 kalo ada waktu gue mau kasih tahu tentang perpusatakaan satunya lagi yang WAJIB lu ketahui dan kunjungi juga yaitu perpustakaan yang ada di Jakarta Pusat juga. Perpustakaan ini juga tak kalah dari perpustakaan nasional, tp Tetap perpustakaan nasional tetaplah number ONE, yaiyalah namanya perpustakaan terbesar se Indonesia + terlengkap ya pasti gedheeeee bosss QQ. oke cukup sekian... BYE
Maaf bila masih ada kata2 yang kurang berkenan dan terimakasih atas kunjungan Anda di Blog tercinta gue. Thank You


BY ARDI ERFANTO

Comments

Popular Posts

Lirik Lagu Ariana Grande - Touch it dan Terjemahan Dalam Bahasa Indonesia

TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA LIRIK LAGU LOGIC - 1800-273-8255 (feat. ALESSIA CARA & KHALID) [ENGLISH TO INDONESIA]

Lirik Lagu Seamo - Jikan Yo Tomare (feat.AZU)